Lembar
Kerja Siswa (LKS)
PENGUKURAN
BESARAN PANJANG
Nama
Kelompok :
.........................................................................................
Nama
Siswa :
.........................................................................................
Kelas :
.........................................................................................
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami prosedur ilmiah
untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan
B.
Kompetensi Dasar
1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti
dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
C.
Indikator
1. Menggunakan jangka sorong
dengan benar.
2. Mengenal skala-skala yang ada
pada jangka sorong.
3. Membaca skala dengan benar.
D.
Alat dan Bahan
1. Jangka sorong
2.
Benda
yang ingin di ukur
E. Langkah Pembelajaran
I.
Jangka Sorong (Vernier Caliper)
1.
Siapkan
jangka sorong di mejamu!
2.
Perhatikan
gambar jangka sorong berikut ini! Lengkapilah bagian-bagian dari jangka sorong!
LKS
Pengukuran Besar
a
n
3. Siapkan
benda-benda yang akan diukur!
4. Cara mengukur
a.
Putarlah
pengunci ke kiri!
b.
Buka
rahang jangka sorong hingga ujung lancip menyentuh dasar benda!
c.
Putar
pengunci ke kanan!
d.
Bacalah
skala utama dan skala noniusnya!
e.
Masukkan
hasilnya ke dalam tabel dibawah ini dan hitung rata-rata hasil pengukurannya.
No
|
Nama Siswa
|
Benda yang di Ukur
|
Yang di
Ukur
|
SU
(mm)
|
SN
(mm)
|
SU + SN
(mm)
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
4
|
|
|
|
|
||
5
|
|
|
|
|
||
6
|
|
|
|
|
||
|
Rata-rata
|
|
Ket :
SU = Skala
Utama
SN = Skala
Nonius (Skala Nonius yang ditunjukan + Ketelitian alat ukur)
F.
DISKUSI!
1. Ketelitian jangka sorong adalah ........ mm
2. Perhatikan gambar dibawah ini !
3.
Perhatikan gambar di bawah ini!
JAWABAN PRAKTIKUM
1. Ketelitian jangka sorong adalah 0,1 mm
2. Perhatikan gambar dibawah ini !
Jawaban
:
Skala
utama (SU) = 1,1 cm = 110 mm
Skala
Nonius (SN) = 8 mm x 0,1 mm = 0,8 mm
Ukuran
benda = SU + SN = 110 mm + 0,8 mm = 110,8 mm = 1,108 cm.
3.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Skala utama
(SU) = …………… cm = ……………. mm
Skala Nonius
(SN) = ………….. mm
Ukuran benda = SU +
SN = ………… mm + ………… mm = …………… mm
Jawaban :
Skala utama
(SU) = 2,2 cm = 220 mm
Skala Nonius (SN) =
2 mm x 0,1 mm = 0,2 mm
Ukuran benda = SU +
SN = 220 mm + 0,2 mm = 220,2 mm = 2,202 cm.
`
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKA : SMA NEGERI 1 SINGKEP
MATA
PELAJARAN : FISIKA
MATERI :
BESARAN DAN SATUAN
SUB MATERI : PENGUKURAN PANJANG
PERTEMUAN KE
:
ALOKASI WAKTU : 1 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENSI : Menerapkan
konsep besaran fisika dan pengukurannya.
KOMPETENSI
DASAR : Mengukur
besaran fisika (panjang,massa,dan waktu).
INDIKATOR :
Mengukur besaran panjang menggunakan jangka sorong.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Setelah pembelajaran siswa dapat :
1. Menyebutkan bagian-bagian jangka sorong.
2. Mengenal skala-skala pada jangka sorong.
3. Menggunakan jangka sorong dengan benar.
4. Membaca skala dengan benar.
II. MATERI PEMBELAJARAN.
Jangka sorong terdiri dari dua pasang
rahang, sepasang untuk pengukur luar dan sepasang untuk pengukur dalam. Dari
pasangan itu ada rahang yang tetap dan ada rahang yang dapat digeser-geserkan.
Pada rahang tetap terdapat batang skala yang diberi skala dalam cm dan mm
sebagai skala utama. Pada rahang
geser terdapat 10 skala yang panjangnya 9 mm sebagai skala nonius. Oleh karena itu, 1 skala nonius sama dengan 0,9 mm.
Jadi, skala nonius berselisih 0,1 mm dengan dengan skala mm pada skala utama.
Angka 0,1 mm menyatakan ketelitian jangka sorong. Misalnya, kedudukan skala
nonius terhadap skala utama seperti pada gambar di bawah ini.
Skala Utama
|
Skala Nonius
|
Skala nonius ke-2 berimpit dengan salah satu skala utama
|
Pembacaan skala utama
|
Skala
utama menunjukkan angka 2,2 cm dan skala nonius yang berimpit dengan skala
utama adalah 2 skala ( 2 x 0,1 = 0,2 mm = 0,02 cm). Jadi, hasil pengukuran
panjang = 2,2 cm + 0,02 cm = 2,22 cm.
III.
MODEL PEMBELAJARAN.
a. Model :
Pembelajaran kooperatif tipe STAD
b. Metode :
Ceramah,demonstrasi dan diskusi
IV.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
FASE MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
|
RINCIAN
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
1.
Menyampaikan tujuan dan memotivasi
2.
Menyajikan materi
3.
Mengorganisasi siswa kedalam kelompok belajar
4.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
5.
Evaluasi
6.
Memberikan penghargaan
|
A. KEGIATAN PENDAHULUAN
- Apersepsi :
·
Guru bertanya pada siswa,apa satuan dari besaran panjang.
-
Motivasi :
·
Untuk mengukur besaran panjang agar lebih teliti,
alat ukur apa yang sering digunakan?
·
Menginformasikan tujuan pembelajaran.
B. KEGIATAN INTI
·
Guru menyampaikan informasi tentang jangka sorong
dan bagian-bagiannya.
·
Guru meminta siswa berada pada kelompoknya
masing-masing.
·
Guru membagikan LKS
·
Meminta siswa melakukan kegiatan yang ada di dalam
LKS.
·
Guru membimbing tiap kelompok dalam melakukan
kegiatan pada LKS.
·
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LKS dan
diharapkan setiap anggota kelompok dapat bekerja sama.
·
Guru meminta salah satu kelompok untuk
mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain menanggapinya.
·
Guru dan siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok
untuk mengetahui jawaban yang benar.
·
Guru dan siswa menyimpulkan hasil kerja kelompok.
·
Guru mengadakan tes tertulis untuk mendapatkan
penilaian penguasaan konsep.
C. PENUTUP
·
Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
terbaik.
·
Guru memberikan tugas.
|
5 Menit
20 Menit
5 Menit
5 Menit
|
.
V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
a. ALAT DAN BAHAN
·
Jangka sorong
·
Tutup Botol
·
Botol
b. SUMBER PEMBELAJARAN
·
Buku Fisika SMA Kelas
X,Supiynto,Erlangga
·
Buku Elektronik Sekolah (BSE)
·
LKS
VI.
PENILAIAN
a. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian singkat.
SOAL
:
1.
Tuliskan bagian-bagian dari jangka sorong.
2.
Tuliskan ada berapakah skala pada jangka sorong?
3.
Dari gambar dibawah,berapakah hasil yang ditunjukan oleh jangka sorong?
Penyelesaian
atau Jawaban :
1.
Bagian-bagian jangka sorong :
·
Pengunci
·
Rahang Tetap
·
Rahang Geser
2.
Ada 2 : Skala Utama dan SkalaNonius.
3.
Skala Utama : 2,2 cm
Skala Nonius : 2 skala x ketelitian (0,1
mm) = 0,2 mm = 0,02 cm.
Hasil Pengukuran : 2,2 cm + 0,02 cm = 2,22
cm.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar