Minggu, 14 Juni 2015



Lembar Kerja Siswa (LKS)
PENGUKURAN BESARAN PANJANG

Nama Kelompok : .........................................................................................
Nama Siswa         : .........................................................................................
Kelas                     : .........................................................................................

A. Standar Kompetensi
1.       Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan  menggunakan peralatan

B. Kompetensi Dasar
1.  Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

C. Indikator
1.       Menggunakan jangka sorong dengan benar.
2.       Mengenal skala-skala yang ada pada jangka sorong.
3.       Membaca skala dengan benar.

D. Alat dan Bahan
1.       Jangka sorong
2.       Benda yang ingin di ukur
E. Langkah Pembelajaran
I. Jangka Sorong (Vernier Caliper)
          1.         Siapkan jangka sorong di mejamu!
          2.         Perhatikan gambar jangka sorong berikut ini! Lengkapilah bagian-bagian dari jangka sorong!
LKS Pengukuran Besar


a n
      3. Siapkan benda-benda yang akan diukur!
4. Cara mengukur
a.         Putarlah pengunci ke kiri!
b.        Buka rahang jangka sorong hingga ujung lancip menyentuh dasar benda!
c.         Putar pengunci ke kanan!
d.        Bacalah skala utama dan skala noniusnya!
e.        Masukkan hasilnya ke dalam tabel dibawah ini dan hitung rata-rata hasil pengukurannya.

No
Nama Siswa
Benda yang di Ukur
Yang di
Ukur
SU
(mm)
SN
(mm)
SU + SN
(mm)
1






2




3




4




5




6





Rata-rata

     
      Ket :
      SU = Skala Utama
      SN = Skala Nonius (Skala Nonius yang ditunjukan + Ketelitian alat ukur)
F. DISKUSI!
1. Ketelitian jangka sorong adalah ........ mm
2. Perhatikan gambar dibawah ini !


3. Perhatikan gambar di bawah ini!








JAWABAN PRAKTIKUM

1. Ketelitian jangka sorong adalah 0,1 mm
2. Perhatikan gambar dibawah ini !


Jawaban :
Skala utama (SU)   = 1,1 cm = 110 mm
Skala Nonius (SN)  = 8 mm x 0,1 mm = 0,8 mm
Ukuran benda = SU + SN = 110 mm + 0,8 mm = 110,8 mm = 1,108 cm.
3. Perhatikan gambar di bawah ini!

                                               
 
Skala utama (SU)   = …………… cm = ……………. mm
Skala Nonius (SN)  = ………….. mm
Ukuran benda = SU + SN = ………… mm + ………… mm = …………… mm
Jawaban :
Skala utama (SU)  = 2,2 cm = 220 mm
Skala Nonius (SN) = 2 mm x 0,1 mm = 0,2 mm
Ukuran benda = SU + SN = 220 mm + 0,2 mm = 220,2 mm = 2,202 cm.
                                                                                                                                                                                                                `



RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    SATUAN PENDIDIKA  : SMA NEGERI 1 SINGKEP
                                   MATA PELAJARAN       : FISIKA
                                   MATERI                            : BESARAN DAN SATUAN
                                   SUB MATERI                   : PENGUKURAN PANJANG
                                   PERTEMUAN KE            :
                                   ALOKASI WAKTU         : 1 X 45 MENIT



STANDAR KOMPETENSI                : Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.
KOMPETENSI DASAR                     : Mengukur besaran fisika (panjang,massa,dan waktu).
INDIKATOR                                       : Mengukur besaran panjang menggunakan jangka sorong.
I.     TUJUAN PEMBELAJARAN        :
     Setelah pembelajaran siswa dapat   :
     1. Menyebutkan bagian-bagian jangka sorong.
     2. Mengenal skala-skala pada jangka sorong.
     3. Menggunakan jangka sorong dengan benar.
     4. Membaca skala dengan benar.

II.   MATERI PEMBELAJARAN.
     Jangka sorong terdiri dari dua pasang rahang, sepasang untuk pengukur luar dan sepasang untuk pengukur dalam. Dari pasangan itu ada rahang yang tetap dan ada rahang yang dapat digeser-geserkan. Pada rahang tetap terdapat batang skala yang diberi skala dalam cm dan mm sebagai skala utama. Pada rahang geser terdapat 10 skala yang panjangnya 9 mm sebagai skala nonius. Oleh karena itu, 1 skala nonius sama dengan 0,9 mm. Jadi, skala nonius berselisih 0,1 mm dengan dengan skala mm pada skala utama. Angka 0,1 mm menyatakan ketelitian jangka sorong. Misalnya, kedudukan skala nonius terhadap skala utama seperti pada gambar di bawah ini.

Skala Utama
Skala Nonius
Skala nonius ke-2 berimpit dengan salah satu skala utama
                                                 
Pembacaan skala utama
                                               

Skala utama menunjukkan angka 2,2 cm dan skala nonius yang berimpit dengan skala utama adalah 2 skala ( 2 x 0,1 = 0,2 mm = 0,02 cm). Jadi, hasil pengukuran panjang = 2,2 cm + 0,02 cm = 2,22 cm.
III. MODEL PEMBELAJARAN.
     a. Model     : Pembelajaran kooperatif tipe STAD
     b. Metode   : Ceramah,demonstrasi dan diskusi

IV. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
FASE MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
RINCIAN KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
1.       Menyampaikan tujuan dan memotivasi







2.       Menyajikan materi



3.       Mengorganisasi siswa kedalam kelompok belajar





4.       Membimbing kelompok bekerja dan belajar













5.       Evaluasi



6.       Memberikan penghargaan





A. KEGIATAN PENDAHULUAN
- Apersepsi :
·        Guru bertanya pada siswa,apa satuan dari besaran panjang.
-  Motivasi :
·        Untuk mengukur besaran panjang agar lebih teliti, alat ukur apa yang sering digunakan?
·        Menginformasikan tujuan pembelajaran.

B. KEGIATAN INTI
·        Guru menyampaikan informasi tentang jangka sorong dan bagian-bagiannya.

·        Guru meminta siswa berada pada kelompoknya masing-masing.
·        Guru membagikan LKS
·        Meminta siswa melakukan kegiatan yang ada di dalam LKS.


·        Guru membimbing tiap kelompok dalam melakukan kegiatan pada LKS.
·        Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LKS dan diharapkan setiap anggota kelompok dapat bekerja sama.
·        Guru meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain menanggapinya.
·        Guru dan siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok untuk mengetahui jawaban yang benar.
·        Guru dan siswa menyimpulkan hasil kerja kelompok.

·        Guru mengadakan tes tertulis untuk mendapatkan penilaian penguasaan konsep.


C. PENUTUP
·        Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·        Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik.
·        Guru memberikan tugas.
5 Menit









20 Menit
























5 Menit




5 Menit

.
V.   ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
     a. ALAT DAN BAHAN
·           Jangka sorong
·           Tutup Botol
·           Botol

     b. SUMBER PEMBELAJARAN
·           Buku Fisika SMA Kelas X,Supiynto,Erlangga
·           Buku Elektronik Sekolah (BSE)
·           LKS

VI. PENILAIAN
a.     Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.    Bentuk Instrumen : Uraian singkat.

SOAL :
1. Tuliskan bagian-bagian dari jangka sorong.
2. Tuliskan ada berapakah skala pada jangka sorong?
3. Dari gambar dibawah,berapakah hasil yang ditunjukan oleh jangka sorong?

Penyelesaian atau Jawaban :
1.  Bagian-bagian jangka sorong :
·         Pengunci
·         Rahang Tetap
·         Rahang Geser
2.  Ada 2 : Skala Utama dan SkalaNonius.
3.  Skala Utama : 2,2 cm
     Skala Nonius : 2 skala x ketelitian (0,1 mm) = 0,2 mm = 0,02 cm.
     Hasil Pengukuran : 2,2 cm + 0,02 cm = 2,22 cm.

                                                                                                                                                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar